Anda tahu apa yang saya maksud dengan semua ini. Duduk dan pikirkan sejenak: Anda duduk di sofa sampai larut malam, menonton E! atau saluran serupa, dan bertanya-tanya bagaimana band-band dengan pengikut kultus yang begitu besar semuanya tampak menghilang. (Anda sedang menonton film dokumenter tentang Grateful Dead-bukan?)

Atau mungkin Anda berada di perahu dengan mereka yang masih mengikuti beberapa band atau lainnya-tapi kami akan berbicara tentang Anda sebentar lagi. Lihat, unduhan mp3 gratis telah mengubah pendekatan kultus pada band dan seberapa banyak orang mengikuti mereka.

Pikirkan betapa mahalnya band untuk unduh video tik tok  melakukan tur tanpa label besar dan seluruh beban mesin bisnis musik yang menopang tagihan. Mari kita pikirkan bagaimana hal itu tercermin dalam segala hal lainnya: seberapa mahal tiket konser bagi konsumen? Agak konyol, semua dibuat dengan unduhan mp3 gratis. Sangat menggelikan dalam adegan konser ketika Anda menyadari bahwa Anda bisa mendapatkan sebagian besar sorotan di YouTube dengan sangat mudah. Lewatlah sudah hari-hari tiba di pertunjukan beberapa hari lebih awal untuk memarkir bus VW Anda, berkemah, terhubung, dan bersantai. Tibalah hari-hari mengunduh semuanya dengan cepat dan cepat, unduhan mp3 gratis menghapus setiap opsi lainnya.

Mari kita bicara spesifik. Untuk band-band seperti Phish, Grateful Dead, Blues Traveler, dan lain-lain, Internet tidak mewajibkan kehadiran langsung sebagai bagian dari adegan. Blog dan umpan RSS memungkinkan orang naik kereta musik tanpa ada yang berdiri di atas untuk melemparkan freeloader. Akibatnya, getaran komunal secara umum berkurang karena komunitas buatan dan virtual ini. Penggemar musik baru tidak begitu peduli dengan pertunjukan musik virtuoso-mereka tidak peduli jika musisi bahkan benar-benar MEMAINKAN instrumen sama sekali-dan, pada kenyataannya, parodi juga baik-baik saja.

Unduhan mp3 gratis dan teknologi baru lainnya telah membawa banyak hal ini. Mari kita ambil contoh, fakta bahwa siapa pun yang memiliki webcam dan Casio dapat menjadi bintang rock Internet—saya memikirkan band itu (mungkin disebut GO! . . . ?) yang membuat video yang berisi seluruh band itu. anggota menyanyikan lagu di treadmill melakukan rutinitas lucu (semua dijalankan dengan sangat baik), dikoreografi oleh saudara perempuan penyanyi utama. Adik penyanyi utama! Bahkan bukan anggota band—tapi dia seperti kapten tim latihan sekolah menengahnya atau semacamnya. Hal berikutnya yang Anda tahu, mereka ada di Daily Show dan Colbert Report. Sekarang, memang, itu sebenarnya lagu yang sangat lucu dan videonya pada dasarnya rock-tapi visualnya yang benar-benar menjual band.

Jadi unduhan mp3 gratis dan seluruh Internet telah sepenuhnya mengubah wajah dari apa artinya mengikuti band atau menjadi pecandu musik, tetapi masih ada orang-orang fanatik di luar sana yang pergi ke konser, membeli t-shirt, bangun untuk kenakalan di trailer dan di belakang gedung konser dan di perbukitan yang menghadap ke tempat dan segala sesuatu yang lain-mereka tidak terlalu umum. Faktanya, tampaknya semakin banyak bahwa orang-orang yang merupakan pengikut inti dari suatu kelompok tertentu bukanlah orang-orang yang cukup tua untuk terlibat dalam seluruh adegan pelancong musik. Mengapa?